Source : http://lifestyle.liputan6.com/read/2314757/manjakan-lidah-dengan-menu-makan-malam-baru-dari-tim-ho-wan

Manjakan Lidah dengan Menu Makan Malam Baru Dari Tim Ho Wan

By

Liputan6.com, Jakarta Gerainya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, hadir dengan bentuk memanjang dan jendela-jendelanya yang cukup besar memperlihatkan samar interior di dalam. Modern dengan feel familiar selazimnya Anda dapati di sebuah tempat yang disebut rumah makan.

Bicara soal kaitan antara Tim Ho Wan dan kesederhanaan berarti membahas bagaimana restoran dim sum asal Hong Kong ini dimulai. Didirikan oleh Mak Kwai-Pui pada tahun 2009, gerai pertama Tim Ho Wan adalah sebuah restoran kecil dengan peralatan makan sederhana.

Pada tahun 2010, resto bentukan mantan chef di restoran berbintang 3 Michelin ini mendapat bintang Michelin-nya sendiri. Tim Ho Wan pun kemudian dikenal sebagai restoran berbintang Michelin paling terjangkau di seluruh dunia.

Dan apa yang dapat diharapkan dari sebuah kisah kesederhanaan yang terbang meraih bintang itu? Kriuk dari selembar Garlic Fried Fish Skin nan gurih berhasil mengkondisikan mulut dan otak Anda dengan sesuatu yang disebut dengan apetite. Ini adalah bagian pembuka dari seperangkat tawaran menu makan malam baru dari Tim Ho Wan Jakarta.

Rasa kulit ikan goreng yang cenderung monokromatik itu bisa Anda perkaya dengan sepotong Dumpling with Spicy Sauce. Racikan cuka hitam dan saus tiram bertabur cacahan kacang dan cabai tepat `menggoyang` wonton udang bersamanya. Satu hal tentang dim sum ini yang perlu disebut adalah kulitnya yang begitu lembut. Dim sum Tim Ho Wan dibuat sendiri dan diproses saat ada pemesanan.

Ketika tiba di menu utama, Anda punya beberapa pilihan. Yang paling dekat dengan keseharian adalah menu nasi goreng. Tapi sajian Yang Chow Fried Rice punya warna rasa berbeda dari makanan serupa yang ditemui di Indonesia. Selain tampilannya yang memang berpalet lebih muda, nasi goreng Hong Kong ini pun punya langgam kesedapan yang light.

Bisa dirasa ragam penggunaan bumbu di sana tapi semua dalam kadar yang ringan namun juga padu. Nuansa ringan itu tampil pula pada rangkaian pilihan Congee atau bubur. Tekstur kehalusan bubur menjadi satu sensasi tersendiri untuk dinikmati bersama lauk yang menyertainya. Beberapa yang patut disebut adalah Lobster Congee with Prawn and Scallop dan Signature Abalone Congee with Chicken.

Di sela kunjungan Liputan6.com untuk menyicip 14 menu makan malam baru kreasi Chef Poon Wai Kit, pria asal Hong Kong ini sedikit memberi gambaran soal kultur masyarakat tempat asalnya kala menyantap sajian selepas sore di restoran. Katanya, meski meja makan malam di restoran yang dipesan oleh rata-rata keluarga berisi berbagai macam pesanan, semua berada dalam porsi tertentu yang dikonsumsi secara cukup dan tidak sampai membuat perut bekerja keras.

Sepertinya itu memang teknik yang baik jika Anda tak mau ketinggalan tawaran beberapa menu utama dalam satu momen makan malam. Terlebih bila masakan itu sespesial Braised Pork Knuckles Noodle. Anda harus merasakan sendiri bagaimana kelezatan pork knuckles dari Chef Poon Wai Kit di menu ini. Daging itu dimasak selama 1 jam dan setelahnya tetap dibiarkan selama 1 jam lagi tanpa penutup panci dibuka. Sangat lembut dan begitu meresap.

Menggunakan Mie Hong Kong berukuran kecil, sebagaimana juga menu Wonton Noodle Soup, Anda bisa memilih apakah makanan ini disajikan tercampur dengan kuahnya atau dipisah dimana mie akan tersaji krispy. Sebelum menutup sesi makan malam Anda dengan dessert, Anda punya pilihan untuk menikmati satu menu yang cocok dijadikan sebagai `penetral` mendekati penghujung.

Chicken Soup with Chinese Yan and Wolfberry adalah sup ceker dengan kuah tradisional yang proses memasaknya membutuhkan waktu 3 jam. Rasa rempah Hong Kong yang digunakan ditakar sedemikian rupa hingga terasa sedap dalam keramahan di mulut. Jika ingin satu pendamping etnik yang sesuai dengan cita rasa Hong Kong yang Anda arungi, minuman Homemade Barley hangat bisa menjadi pilihan yang pas. Otentisitas rasa minuman yang terbuat dari bahan sejenis gandum ini akan melengkapi makan malam Anda di Tim Ho Wan.

Menu makan malam Tim Ho Wan bisa dipesan setiap harinya setelah pukul 6 sore.

(bio/igw)